Text
PSIKOLOGI KOMUNIKASI TEORI DAN PRAKTEK
Buku ini memaparkan penjelasan yang mendalam dan unik mengenai definisi komunikasi, ruang lingkup psikologi komunikasi, berbagai pendekatan psikologi tentang manusia, faktor perilaku manusia, dan sistem komunikasi. Buku ini terdiri dari tujuh bab, bab pertama membahas psikologi komunikasi, bab dua tentang pendekatan psikologi manusia, bab tiga tentang faktor personal dan situasional perilaku manusia, bab empat tentang sistem komunikasi intrapersonal, bab lima tentang sistem komunikasi interpersonal, bab enam tentang sistem komunikasi kelompok, dan bab terakhir tentang sistem komunikasi massa.
Berbicara tentang Psikologi Komunikasi, tidak dapat dilepaskan dengan komunikasi itu sendiri. Dalam sejarah perkembangan komunikasi juga banyak melibatkan banyak tokoh Psikologi di dalamnya. Setidaknya ada 3 (tiga) orang pakar Psikologi yang juga diakui sebagai Bapak Komunikasi, yaitu Carl I. Hovland, Paul Lazarfeld dan Kurt Lewin. Meskipun demikian, komunikasi tidak menjadi bagian dalam subdisiplin keilmuan psikologi.
Komunikasi menembus batas atau sekat banyak disiplin ilmu, dikarenakan komunikasi digunakan sebagai jembatan atau penghubung untuk mentransfer ide atau gagasan kepada pihak-pihak lain, sehingga dapat mengubah cara pandang seseorang terhadap sesuatu hal. Menurut Ashley M sistemontagu, Komunikasi merupakan bagian yang mendasar dalam relasi dan mengubah kepribadian seseorang. Dalam hal ini, komunikasi erat kaitannya dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia, sehingga komunikasi menjadi bidang keilmuan menarik apabila dikaji dari sisi psikologi.
Psikologi komunikasi memiliki makna yang luas. Pemahaman makna di dalam psikologi komunikasi, meliputi: segala bentuk penyampaian energi, gelombang suara, tanda, sistem ataupun organisme. Sebagai contoh dalam sebuah pentas musik dengan band ternama, bagaimana alam sadar audiens dibawa masuk ke dalam dimensi yang dibangun oleh band tersebut, sehingga seluruh audiens mengikuti apa yang menjadi “perintah” dari vokalis band tersebut. Kesamaan persepsi yang dibangun setelah melewati alat-alat indera otak pada peristiwa penerimaan dan mengalami pengolahan informasi disebut sebagai proses komunikasi.
Tidak tersedia versi lain